Wednesday, May 24, 2006

back to jogja back to the future

NYANTRIK KE JOGJA ? kudu-harus-mesti !!!


tulisah ini aku bikin buat temen-temen yang belon nyantrik atau yang belon sempat karena sibuk.. (kupikir ada baiknya ikutan nyantrik ini, karena banyak hal yang sungguh akan meleverage kita untuk tak perlu memberikan alasan lagi untuk tidak menjadi entrepreneur.)

eu mutiara lombok mataram berangkat dari pulau lombok kamis jam 6 pagi (tanggal 18 may 06) with citylink, rombongan utama menuju solo untuk ketemu regu eu solo yang juga akan nyantrik bareng. tapi aku dan eko langsung menuju jogja soale mau curi start buat nemuin mentor kita pak rully "synergi". kebetulan aku memang pernah di jogja selama 7 tahun, jadi cukup mengerti situasinya. waktu di jogja ada ketakjuban yang luar biasa buatku terhadap perkembangan kota ini, karena dalam satu tahun terahir ini aja ada dua buah mall baru (yang cukup besar untuk ukuran jogja) yaitu ambarrukmo mall dan saphire mall yang keduanya ada di jalan solo. aku juga sempatkan liat ambarrukmo mall malam itu juga. bener juga dugaanku bahwa kota ini udah bangkit dan makin maju karena bisniss sangat semarak dan mall nya sudah pada terisi oleh tenant2 top. aku sempatkan belanja buku pak purdi yang kedua di gramedia. malem dikit sekitar pukul 10 lewat aku dan eko nemuin pak rully di santika, seperti biasa selalu akan mendapatkan ilmu-ilmu dan ide-ide ampuh untuk kembangkan usaha. rupanya pak rully di jogja juga dalam rangka kembangkan usaha dia ("gila" tuh orang hehehe)...

paginya jam 10 semua tim eu mataram dan eu solo langsung ketemuan di graha primagama (yang juga merupakan kampus kita tercinta entrepreneur university), anak2 eu mataram langsung masuk ke terminal ticket buat booking flight kita pulang ke lombok), setelah tiket beres kita langsung masuk ke ruang kuliah untuk mentoring. mentoring pertama oleh pak teguh sunaryo yang "MENURUT SAYA" sangat kocak abis.... pokoke mentoring terasa cair karena banyak lawakan srimulat yang diselipkan...hehehe.... hal2 yang aku dapatkan di mentoring pak teguh bahwa untuk sukses dalam bidang bisnis itu cuma ada dua hal yaitu:

1. penguasaan uang / dalam hal ini adalah BERANI berdagang atau bikin bisnis >>> perhatikan kata-kata "BERANI"

2. penguasaan tanah / dalam hal ini adalah properti yang menjadi asset >>> bukan roperti yg menjadi liabilitas

so kalo kita emang ingin kaya... tak ada cara lain selain BERANI berbisnis dan investasi di properti... so modalnya cuma itu : BERANI, oiya bisnis dengan cara membuat toko online juga bagus untuk dikerjakan lho..

abis mentoring oleh pak teguh semua peserta lunch di restoran prima raja (punya pak purdi juga)... abis lunch, kita menuju rumah pak purdi buat boarding. rumah pak purdi yang kita tempati ada di tirtasani real estate (luar biasa mewah.. saking mewahe gak bisa aku certitain..hehehe... ntar aja temen2 rasain sendiri... kata drivernya pak purdi, beliau punya rumah kayak ginian enam buah di real estate itu juga... "gila" apa !!!... hehehe). leyeh2 sebentar dan saling ngobrol dengan anak2 eu solo yang baek2, kami sholat masgrib bareng, trus siap2 dinner di bakmi mbah mo yang terkenal itu.

sebetulnya inilah alasan kenapa aku menyarankan temen2 yang belom nyantrik untuk liat dan nyicipin bakmi mbahmo ini, karena disinilah semua bloking mental untuk berbisnis dapat dipatahkan, yaitu: tak perlu takut untuk memulai, tak perlu punya lokasi bisnis yang strategis, berbisnis itu tak perlu modal, dan tek perlu itun-itungan otak kiri yang bikin rusuh itu, tak perlu konsep2 marketing yang rumit, dan tak ada lagi alasan yang bisa dibuat-buat untuk TAKUT BANGKRUT !!! (tetang bakmi mbahmo aku sebetulnya akan bikin tulisan terpisah di kesempatan mendatang, karena sangat menarik sekali untukku)

trus abis dinner kita semua pulang kandang buat rest. tidur. besok paginya aku dan ibu2 eu-mataram shopping sebentar di malioboro. agak siangan jam 10 kami ke kandang buat mentoring kedua oleh pak mur dari bakmi mbahmo... disinilah aku liat gimana harusnya jalanin bisnis... jadi abis mentoring itu aku langsung tak takut lagi akan berbisnis.... kan kita bisa BODOL, BOTOL, BOBOL... siapa takut....

abis mentoring pak mur itu kira-kira jam 5 sore... dan malamnya jam 12 san mentoring ketiga oleh pak ndung yang sangat menyejukkan (ilmu yang kudapat bahwa dalam hidup ini kita harus selalu ingat dan berzikir kepada ALLAH dalam segala kesempatan dengan cara kita sendiri... implikasinya dalam bisnis tentu aja kita jadi selalu bersyukur, ihlas, dan selalu memberi).... terima kasih pak ndung... !!!

hari minggunya nyantrik akan berakhir...paginya kami kunjungi tk-primagama dan.... perpisahannya kita-kita makan sore di lesehan ikan bakar punya pak bambang (eu jogja) didaerah deket kalasan. bisnis restoran ini sangat suksess juga, padahal pak bambang bilang dulunya daerah itu tanah mati... sekarang... weeeehhhhhhhh .... harganya melejit bro.....

itu aja cacatan perjalanan kami, sebetulnya perjalanan nya gak penting... tapi apa oleh-oleh dari trip ini yang penting... iya gak... yang jelas anak-anak eu mataram langsung aksi abis nyantrik ini: azril langsung beli franchaisenya mbah mo, ibu nur langsung nego tk-primagama, ibu heni beli clup-clup, dan aku tentu aja bawa oleh-oleh juga: aku beli 1 franchaise bimbingan belajar yang paling top se indonesia.... TAK TAKUT LAGI !!!

doain saya ya friends.... amin....... thanks ya kar sudah baca tulisan ini, thanks to: tim panitia eu-solo: mas amin, pak sigit, ibu dian, pak teguh, pak rully, pak ndung, pak mur, dan temen2 eu mutiara lombok mataram serta mbak afi primagama.... wassalam

abdurrachim@yahoo.com

No comments: